SPARKSxGOODWILL

...berkarya dan berdampak.

Pernah nonton film dan ada satu kutipan yang terngiang-ngiang di kepala? Misalnya "Hasta La Vista, Baby!" dari film Terminator 2 atau "I can do this all day!" yang diucapkan Steve Rogers sebelum ia menjadi Captain America. gw pun ada satu kalimat yang terngiang-ngiang di kepala, yaitu "A true act of goodwill always sparks another."

Kalimat tersebut berasal dari film Klaus, film animasi ini diproduksi oleh Sergio Pablos Animation dan rilis pada tahun 2019 dan didistribusikan oleh Netflix ini menceritakan kisah Santa Claus atau kalau di Indonesia lebih familiar dengan Sinterklas seorang kakek tua yang berubah menjadi seorang pengabul permintaan anak-anak setiap malam natal.

"A true act of goodwill always sparks another" ini bukan cuma berada di dalam pikiran gw terus, tapi juga mengamini kata-kata ini dan menjadikan sebuah prinsip yang selalu gw ingat dalam membuat tulisan. Ketika menulis, gw mencoba menjadikan kata-kata ini sebagai tujuan menulis.

Jadi, gw percaya apa yang gw bagikan itu adalah sesuatu yang baik dan gw juga yakin dari apa yang gw kerjakan bisa menyentuh orang, memberikan sparks itu, secuil apapun bisa memberi dampak ke banyak orang untuk menjadi lebih baik.

Semoga saja, ada orang yang setelah baca tulisan gw, entah bagaimana caranya, terinspirasi untuk membuat roket yang bisa mencapai Mars. Bisa jadi ada yang menemukan obat dari suatu penyakit setelah selesai membaca tulisan ini, gw yakin itu bisa terjadi.

Mungkin juga yang lebih dekat, ketika ada orang yang baca tulisan mengenai belajar sepeda, orang itu juga jadi mau belajar naik sepeda di usia 24, satu skill dari dalam diri dia unlocked. Ga sepeda pun, ketika ada yang berani mencoba hal yang ia takutkan selama ini, that's ok, it's good, tujuan tercapai, menyentuh orang.

Bahkan, sekadar ketika orang baca tulisan gw dan orang tersebut bisa tersenyum jadinya, sentuhan itu juga sampai. Makanya pada saat gw bikin challenge 100 hari menulis, gw menamainya #writingpat, tulisan yang menyentuh dengan lembut.

Ini pun gw terapkan ke karya lain, media lain, pekerjaan-pekerjaan lain, individu atau maupun kolektif, dalam hidup sehari-hari, menyapa tetangga saja di jalan aja gw rasa bisa menyentuh hati orang dan punya dampak besar.

Karena gw percaya sekecil apapun karya yang kita kerjakan bisa berdampak untuk orang, jadi berkaryalah seperti kata Austin Kleon dibawah ini…
goodbye 😚👆and good night 👉💥